SKL (Kisi-kisi) Ujian Nasional 2010/2011 SMK

Hingga saat ini memang belum ada informasi resmi via web BSNP maupunKemendiknas. Informasi SKL di bawah ini pun juga belum dikeluarkan secara resmi melalui peraturan menteri (Permen). Hal ini hanya menunggu waktu yang besar kemungkinan tidak akan lama lagi.

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMK

41. BAHASA INDONESIA SMK

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

INDIKATOR

1.

Memahami isi berbagai bentuk wacana nonsastra seperti berbagai teks bacaan dari media cetak, laporan, petunjuk kerja, aturan, otobiografi, biografi, grafik, matriks, bagan, diagram, denah, dan jadwal; dan bentuk wacana sastra seperti prosa, puisi, dan drama, serta menanggapi isinya secara kritis.

Menentukan unsur-unsur isi wacana.

Menentukan jenis laporan.

Menentukan isi petunjuk kerja.

Menentukan isi riwayat hidup/biografi.

Menentukan isi grafik/matriks.

Menentukan tanggapan terhadap isi paragraf.

Menentukan penggunaan berbagai jenis kata.

Menentukan kalimat tanya yang sesuai dengan konteks.

Menentukan perubahan makna kata.

Menentukan ungkapan/peribahasa dalam teks.

Menentukan unsur intrinsik puisi.

Menentukan unsur intrinsik cerpen/novel/drama.

Menentukan unsur ekstrinsik novel.

2.

Menulis berbagai teks dalam konteks bermasyarakat; membuat parafrasa;

menulis jenis-jenis wacana (naratif, deskriptif, ekspositoris, argumentatif); meringkas teks; menyimpulkan isi teks; menulis proposal, surat, dan laporan.

Melengkapi kalimat rumpang.

Menentukan kalimat efektif.

Menentukan kalimat padu.

Melengkapi paragraf rumpang.

Menentukan penulisan kata sesuai EYD.

Menentukan jenis karangan.

Menentukan pola pengembangan paragraf.

Menentukan penulisan berbagai unsur proposal.

Menentukan penulisan bagian-bagian surat.

Menentukan penulisan jenis-jenis surat.

Menentukan penulisan unsur-unsur karya ilmiah.

Menentukan catatan isi rapat.

Menentukan bagian-bagian isi laporan.

Menentukan kalimat pengumuman.

Menentukan kalimat poster.

42. BAHASA INGGRIS SMK

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

INDIKATOR

1.

Mendengarkan

Memahami ungkapan-ungkapan instruksi-instruksi, percakapan dan monolog sederhana untuk kepentingan kehidupan, konteks profesional maupun pribadi pada tingkat novice, elementary maupunintermediate.

Picture

Menentukan pernyataan lisan dengan tepat tentang kegiatan yang sedang berlangsung di dalam ruangan (indoor)/di luar ruangan (outdoor) sesuai dengan gambar.

Menentukan pernyataan lisan dengan tepat tentang lokasi suatu benda/posisi seseorang sesuai dengan gambar.

Menentukan pernyataan lisan dengan tepat tentang penampilan (ciri-ciri fisik) seseorang/deskripsi benda sesuai dengan gambar.

Menentukan pernyataan lisan tentang keadaan/situasi di suatu tempat/gedung/wilayah, sesuai dengan gambar.

Questions-Response

Menentukan respons yang tepat terhadap ungkapan saran/permohonan yang diberikan secara lisan.

Menentukan respons yang tepat terhadap ungkapan yang mendeskripsikan benda/perbandingan suatu benda secara lisan.

Menentukan respons yang tepat terhadap ungkapan yang mengungkapkan kejadian/peristiwa di koran/berita/kejadian yang dialami seseorang secara lisan.

Menentukan respons yang tepat terhadap ungkapan tentang arah atau lokasi suatu tempat/keberadaan seseorang yang diberikan secara lisan.

Short Conversation

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dari percakapan singkat tentang suatu kemungkinan/rencana yang diberikan secara lisan.

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dari percakapan singkat tentang kegiatan sehari-hari/di waktu lampau/di waktu akan datang yang diberikan secara lisan.

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dari percakapan singkat tentang pemesanan sesuatu/pemberitahuan tentang keadaan suatu barang yang diberikan secara lisan.

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi rinci tersurat/ informasi tersirat dari percakapan singkat tentang suatu perbandingan/pemilihan benda yang diberikan secara lisan.

Short Talk (Monolog)

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dengan tepat dari monolog singkat yang diberikan secara lisan tentang proses pengerjaan/pembuatan suatu barang/prosedur melakukan sesuatu.

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dengan tepat dari monolog singkat yang diberikan secara lisan tentang pengalaman kerja/kegiatan atau aktivitas di sekolah/pusat bisnis.

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dengan tepat dari monolog singkat yang diberikan secara lisan yang berbentuk pengumuman singkat/iklan.

2.

Membaca

Memahami kata-kata dan istilah asing serta kalimat sederhana berdasarkan rumus, memo, menu sederhana, jadwal perjalanan, manual penggunaan peralatan, surat-surat bisnis dan dokumen-dokumen teknis sederhana pada tingkat novice, elementarymaupun intermediate.

Incomplete Dialog

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan permohonan/pemberian saran.

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan penanganan tamu/percakapan di telepon/percakapan pribadi.

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan kejadian masa lampau/kejadian yang sedang berlangsung.

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan undangan/pesan singkat.

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan perijinan/pemberitahuan.

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan keluhan/meminta/memberi bantuan.

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan perintah/permohonan/saran.

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan rencana/janji yang akan datang.

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan pengandaian/pilihan tindakan.

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan penyampaian rasa simpati/persetujuan.

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan pemberian arah/lokasi suatu benda/tempat/posisi seseorang.

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan kegiatan rutin/kegiatan masa lampau.

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan pemesanan suatu barang/ jasa.

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan suatu kemungkinan/ pendapat.

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan kegiatan yang sedang berlangsung/suatu rencana.

Error Recognition

Menentukan kata/frasa yang benar untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan perbandingan benda/orang.

Menentukan kata/frasa yang benar untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan yang berhubungan dengan deskripsi benda/tempat.

Menentukan kata/frasa yang benar untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan yang berhubungan dengan penawaran/persuasi/ permohonan.

Menentukan kata/frasa yang benar untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan yang berhubungan dengan deskripsi fisik seseorang (physical appearance)/benda.

Menentukan kata/frasa yang benar untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan yang berhubungan dengan yang berhubungan dengan pengandaian/membuat pilihan.

Menentukan kata/frasa yang benar untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan yang berhubungan dengan penyampaian perasaan suka/simpati.

Reading Comprehension

Menentukan pikiran utama/gambaran umum/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/rujukan kata/frasa /makna kata/frasa dari surat bisnis/memo/pesan.

Menentukan pikiran utama/gambaran umum/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/rujukan kata/frasa /makna kata/frasa dari sebuah tabel/diagram/jadwal/grafik.

Menentukan pikiran utama/gambaran umum/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/rujukan kata/frasa /makna kata/frasa dari teks recount tentang pengalaman kerja/kejadian yang dialami.

Menentukan pikiran utama/gambaran umum/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/rujukan kata/frasa /makna kata/frasa dari sebuah teks procedure tentang mengerjakan sesuatu seperti manual/resep/petunjuk.

Menentukan pikiran utama/gambaran umum/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/rujukan kata/frasa /makna kata/frasa dari teks iklan (advertisement) tentang sebuah produk/tempat/jasa.

43. MATEMATIKA SMK (KELOMPOK TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

INDIKATOR

1.

Melakukan operasi bilangan real dan menerapkannya dalan bidang kejuruan.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan untung rugi.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan.

Menentukan hasil operasi bilangan berpangkat.

Menyederhanakan bentuk akar.

Menentukan nilai dari operasi bentuk logaritma.

2.

Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linear dan fungsi kuadrat.

Menentukan gradien atau persamaan garis.

Menentukan titik potong, titik puncak, atau persamaan grafik fungsi kuadrat.

3.

Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear.

Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan linear satu variabel.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel.

4.

Menyelesaikan masalah program linear.

Menentukan model matematika atau daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear.

Menentukan nilai optimum fungsi objektif.

5.

Menyelesaikan masalah matriks dan vektor serta menerapkannya dalam bidang kejuruan.

Menentukan hasil operasi pada matriks.

Menentukan unsur-unsur yang belum diketahui pada kesamaan dua matriks.

Menentukan hasil operasi pada vektor.

Menentukan besar sudut antara dua vektor.

6.

Memahami konsep keliling dan luas bangun datar, luas permukaan dan volume bangun ruang serta menerapkannya dalam bidang kejuruan.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling atau luas bangun datar.

Menentukan luas dan volume suatu bangun ruang.

7.

Menerapkan prinsip-prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.

Menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk.

Menentukan negasi dari pernyataan majemuk.

Menentukan konvers, invers, atau kontraposisi dari pernyataan berbentuk implikasi.

Menarik kesimpulan dari dua premis.

8.

Menerapkan konsep perbandingan trigonometri dalam pemecahan masalah.

Menentukan panjang salah satu sisi segitiga siku-siku menggunakan perbandingan trigonometri.

Menentukan koordinat kutub bila diketahui koordinat kartesius atau sebaliknya.

Menentukan nilai selisih dua sudut, bila diketahui perbandingan trigonometri sinus dan tangen.

9.

Menyelesaikan masalah dengan konsep peluang.

Menyelesaikan masalah menggunakan konsep permutasi atau kombinasi.

Menentukan peluang atau frekuensi harapan suatu kejadian.

10.

Menerapkan aturan konsep statistik dalam pemecahan masalah.

Menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram.

Menentukan cara/langkah untuk menentukan modus data berkelompok.

Menghitung mean dari data berkelompok.

Menentukan simpangan baku dari data tunggal.

Menentukan kuartil dari data berkelompok.

11.

Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam penyelesaian masalah.

Menentukan nilai limit fungsi aljabar.

Menentukan turunan fungsi aljabar dalam bentuk

f(x) = .

12.

Menggunakan konsep integral dalam penyelesaian masalah.

Menentukan integral dari fungsi aljabar.

Menentukan luas daerah yang dibatasi dua kurva.

Menentukan volume benda putar.

13.

Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret.

44. MATEMATIKA SMK (KELOMPOK AKUNTANSI DAN PENJUALAN)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

INDIKATOR

1.

Melakukan operasi hitung pada bilangan real dan dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.

Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan perbandingan.

Menyederhanakan pecahan bentuk akar.

2.

Memahami konsep persamaan dan pertidaksamaan, program linier, serta dapat menerapkannya dalam pemecahan masalah.

Menentukan penyelesaian sistem persamaan linier 2 variabel.

Menentukan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat.

Menentukan sistem pertidaksamaan dari grafik daerah penyelesaian suatu permasalahan program linier.

Menentukan model matematika dari permasalahan program linier.

Menentukan nilai optimum fungsi objektif dari grafik daerah penyelesaian suatu permasalahan program linier.

3.

Memahami operasi pada matriks.

Menentukan hasil operasi matriks.

Menentukan invers matriks berordo 2 × 2.

4.

Memahami dan mengaplikasikan prinsip-prinsip logika matematika dalam menarik kesimpulan.

Menentukan ingkaran dari pernyataan majemuk yang mengandung pernyataan berkuantor.

Menentukan kesimpulan yang sah berdasarkan aturan penarikan kesimpulan (modus ponens, modus tollens, silogisme) dari dua buah premis yang diketahui.

5.

Menyelesaikan masalah berkenaan dengan fungsi dan dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.

Menentukan salah satu unsur pada perhitungan keseimbangan pasar jika diketahui fungsi permintaan dan fungsi penawaran.

Menentukan titik potong, titik puncak grafik fungsi kuadrat.

6.

Memahami konsep barisan dan deret.

Menentukan rumus suku ke-n suatu barisan bilangan .

Menentukan salah satu unsur dalam suatu barisan atau deret aritmetika jika unsur-unsur lainnya diketahui.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan deret aritmetika.

Menentukan salah satu unsur dari suatu barisan atau deret geometri jika unsur-unsur lainnya diketahui.

7.

Memahami konsep keliling dan luas bangun datar.

Menghitung keliling bangun datar jika diberikan gambar gabungan bangun datar.

Menghitung luas gabungan bangun datar jika diberikan gambar dan unsur-unsur yang berkaitan.

8.

Memahami konsep permutasi dan kombinasi serta banyak kemungkinan dan peluang suatu kejadian dan dapat menerapkannya dalam menyelesaikan masalah.

Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan permutasi atau kombinasi.

Menentukan peluang suatu kejadian.

9.

Memahami pengolahan, penyajian, dan penafsiran data statistik.

Membaca diagram lingkaran/ batang.

Menentukan nilai rata-rata sekelompok data, jika nilai rata-rata gabungan dan jumlah data gabungan diketahui.

Menentukan proses perhitungan modus dari data kelompok yang disajikan dalam distribusi frekuensi.

Menentukan simpangan baku/standar dari sekelompok data tunggal.

Menentukan nilai persentil dari data kelompok yang disajikan dalam tabel distribusi frekuensi.

Menentukan salah satu unsur pada perhitungan koefisien variasi jika unsur-unsur lainnya diketahui.

Menentukan salah satu unsur pada perhitungan angka baku jika unsur-unsur lainnya diketahui.

10.

Menerapkan konsep matematika keuangan serta terampil menggunakannya untuk menyelesaikan permasalahan dalam bidang kejuruan.

Menentukan salah satu unsur pada permasalahan bunga tunggal.

Menentukan nilai akhir/nilai tunai suatu modal dengan bantuan tabel bunga majemuk.

Menyelesaikan permasalahan nilai akhir/nilai tunai rente, jika unsur-unsur lainnya diketahui.

Menyelesaikan permasalahan nilai tunai rente kekal, jika unsur-unsur lainnya diketahui.

Menentukan salah satu unsur dari anuitas jika disajikan tabel rencana pelunasan pinjaman dengan sebagian data.

Menentukan besar angsuran pada suatu periode, jika suku bunga dan pinjaman anuitas diketahui.

Menentukan persentase penyusutan dengan metode garis lurus, jika unsur-unsur lainnya diketahui.

Menentukan beban penyusutan pada suatu periode dari suatu aktiva dengan metode satuan hasil produksi.

45. MATEMATIKA SMK (KELOMPOK PARIWISATA, SENI, DAN KERAJINAN, TEKNOLOGI KERUMAHTANGGAAN, PEKERJAAN SOSIAL, DAN ADM. PERKANTORAN)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

INDIKATOR

1.

Memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep operasi bilangan real.

Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan perbandingan.

Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan skala.

Menyelesaikan operasi hitung bilangan berpangkat.

Menentukan nilai suatu logaritma dengan menggunakan sifat-sifat logaritma.

Menyederhanakan operasi bilangan bentuk akar.

Menyederhanakan pecahan bentuk akar dengan cara merasionalkan penyebutnya.

2.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan, matrik, dan program linear.

Menyelesaikan persamaan linear satu variabel.

Menentukan himpunan penyelesaian suatu pertidaksamaan linear satu variabel.

Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel.

Menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan kesamaan matriks.

Menentukan hasil operasi matriks.

Menentukan invers matriks berordo 2 x 2.

Menentukan daerah penyelesaian dari sistem pertidaksamaan linear.

Menentukan model matematika suatu permasalahan program linear.

Menentukan nilai optimum suatu permasalahan program linear.

3.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas daerah bangun datar.

Menentukan keliling dan luas bangun datar.

Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan keliling dan luas bangun datar.

4.

Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.

Menentukan suku ke-n suatu deret aritmetika dan geometri.

Menentukan jumlah n suku pertama suatu deret aritmetika dan geometri.

Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan deret aritmetika dan geometri.

Menentukan jumlah deret aritmetika dan geometri tak hingga.

5.

Menerapkan aturan konsep statistika dalam pemecahan masalah.

Membaca diagram lingkaran atau batang.

Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan hitung rata-rata data.

Menentukan rata-rata hitung dari data tunggal berbobot.

Menentukan ukuran pemusatan data berkelompok.

Menentukan rata-rata harmonis data.

Menentukan nilai desil dari data berkelompok.

Menentukan simpangan baku dari data tunggal.

Menentukan angka baku.

Menentukan koefisien variasi suatu data.


Labels : news investment systems Anti Vir free template car body design

Persyaratan Peserta Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2010

1. Persyaratan Umum

a. Guru yang masih aktif mengajar di sekolah di bawah binaan Kementerian Pendidikan Nasional yaitu guru yang mengajar di sekolah umum, kecuali guru Agama. Sertifikasi guru bagi guru Agama (termasuk guru Agama yang memiliki NIP 13) dan semua guru yang mengajar di Madrasah (termasuk guru bidang studi umum yang memiliki NIP 13) diselenggarakan oleh Kementerian Agama dengan kuota dan aturan penetapan peserta dari Kementerian Agama. Sesuai Surat Edaran Bersama Direktur Jenderal PMPTK dan Sekretaris Jenderal Departemen Agama Nomor SJ/Dj.I/Kp.02/1569/2007, Nomor 4823/F/SE/2007 Tahun 2007.

b. Guru yang diangkat dalam jabatan pengawas dengan ketentuan:

1) bagi yang bukandari guru harus diangkat sebelum berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru (1 Desember 2008), atau

2) bagi yang diangkatsetelah berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru tetapi memiliki pengalaman formal sebagai guru.

Contoh 1:

Seorang pengawas A yang tidak pernah menjadi guru dialihtugaskan dari pejabat struktural menjadi pengawas pada bulan September 2008. Pengawas A dapat mengikuti sertifikasi guru karena diangkat sebagai pengawas sebelum Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru ditetapkan.

Contoh 2:

Seorang pengawas B dialihtugaskandari pejabat struktural menjadi pengawas pada bulan Mei 2009. Pengawas B memiliki pengalaman mengajar selama 15 tahun sebagai guru Olahraga. Pengawas B dapat mengikuti sertifikasi guru meskipun diangkat sebagai pengawas setelah Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru ditetapkan karena pengawas B tersebut pernah menjadi guru.

Contoh 3:

Seorang pengawas C yang tidakpernah menjadi guru dialihtugaskan dari pejabat struktural menjadi pengawas pada bulan Mei 2009. Pengawas C tidak dapat mengikuti sertifikasi guru karena diangkat sebagai pengawas bukan dari guru setelah Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru ditetapkan.

c. Guru bukan PNS harus memiliki SK sebagai guru tetap dari penyelenggara pendidikan, sedangkan guru bukan PNS pada sekolah negeri harus memiliki SK dari dinas pendidikan provinsi/ kabupaten/kota.

d. Pada tanggal 1 Januari 2011 belum memasuki usia 60 tahun.

e. Memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK).

2. Persyaratan Khusus untuk Uji Kompetensi melalui Penilaian Portofolio

a. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari program studi yang memiliki izin penyelenggaraan

b. Memiliki masa kerja sebagai guru (PNS atau bukan PNS) minimal 5 tahun pada suatu satuan pendidikan dan pada saat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen terbit yang bersangkutan sudah menjadi guru. (Contoh perhitungan masa kerja lihat urutan prioritas penetapan peserta pada Buku 1 Pedoman Penetapan Peserta, BAB III)

c. Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang belum memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV apabila sudah:

1) Pada 1 Januari 2010 mencapai usia 50 tahun dan mempunyai pengalaman kerja 20 tahun sebagai guru, atau

2) mempunyai golongan IV/a atau memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/a.

3. Persyaratan Khusus untuk Guru yang diberi Sertifikat secara Langsung

a. Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang memiliki kualifikasi akademik magister (S-2) atau doktor (S-3) dari perguruan tinggi terakreditasi dalam bidang kependidikan atau bidang studi yang relevan dengan mata pelajaran atau rumpun mata pelajaran yang diampunya, atau guru kelas dan guru bimbingan dan konseling atau konselor, dengan golongan sekurang-kurangnya IV/b atau yang memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/b.

b. Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang memiliki golongan serendah-rendahnya IV/c atau yang memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/c
Labels : news investment systems Anti Vir free template car body design

Kuota Sertifikasi Guru tahun 2010

Kuota Provinsi 2010

No

PROPINSI

WAJAR DIKDAS

DIKMEN

JUMLAH

1

DKI JAKARTA

6.952

1.653

8.605

2

JAWA BARAT

25.400

6.033

31.433

3

JAWA TENGAH

23.647

5.618

29.265

4

DI. YOGYAKARTA

6.637

1.576

8.213

5

JAWA TIMUR

28.309

6.726

35.035

6

NANGGROE ACEH DARUSSALAM

2.476

590

3.066

7

SUMATERA UTARA

6.016

1.431

7.447

8

SUMATERA BARAT

5.163

1.227

6.390

9

R I A U

2.877

684

3.561

10

J A M B I

2.541

604

3.145

11

SUMATERA SELATAN

5.575

1.324

6.899

12

LAMPUNG

5.334

1.268

6.602

13

KALIMANTAN BARAT

1.883

447

2.330

14

KALIMANTAN TENGAH

822

196

1.018

15

KALIMANTAN SELATAN

3.412

812

4.224

16

KALIMANTAN TIMUR

1.907

453

2.360

17

SULAWESI UTARA

2.947

699

3.646

18

SULAWESI TENGAH

1.915

456

2.371

19

SULAWESI SELATAN

7.701

1.815

9.516

20

SULAWESI TENGGARA

2.582

613

3.195

21

MALUKU

1.502

359

1.861

22

B A L I

2.671

634

3.305

23

NUSA TENGGARA BARAT

1.805

430

2.235

24

NUSA TENGGARA TIMUR

1.692

403

2.095

25

PAPUA

604

150

754

26

BENGKULU

1.386

329

1.715

27

MALUKU UTARA

393

95

488

28

BANTEN

3.834

913

4.747

29

BANGKA BELITUNG

621

148

769

30

GORONTALO

962

228

1.190

31

KEPULAUAN RIAU

906

221

1.127

32

PAPUA BARAT

260

65

325

33

SULAWESI BARAT

862

206

1.068

161.594

38.406

200.000


Labels : news investment systems Anti Vir free template car body design