Perangkat Pembelajaran

Perangkat Pembelajaran


Berikut adalah format-format yang berkaitan dengan perangkat pembelajaran semester genap tahun pelajaran 2010/2011

a. Melalui link Ziddu
  1. Kover
  2. Peta kedudukan
  3. Format silabus
  4. Format RPP
  5. Waktu efektif
  6. Ketentuan - ketentuan
  7. Format jobsheet
  8. Paket gabungan (semua)

b. Melalui link 4shared
  1. Kover
  2. Peta kedudukan
  3. Format silabus
  4. Format RPP
  5. Waktu efektif
  6. Ketentuan - ketentuan
  7. Format jobsheet
  8. Paket gabungan (semua)
Ingat sesuai edaran dari sekolah, batas pengumpulan paling akhir hari sabtu tanggal 15 Januari 2011, termasuk revisi waktunya sama.
Labels : news investment systems Anti Vir free template car body design

UN SMP dan SMA Dilaksanakan Mei 2011

UN SMP dan SMA Dilaksanakan Mei 2011


Pemerintah dan Badan Standar Pendidikan Nasional telah siap dengan formula baru penilaian kelulusan siswa dari satuan pendidikan. Untuk itu, pelaksanaan ujian nasional tahun ajaran 2010/2011 hanya dilaksanakan satu kali pada bulan Mei 2011.

Ujian nasional (UN) utama untuk SMA/SMK digelar pada minggu pertama Mei 2011, sedangkan untuk SMP pada minggu kedua Mei 2011. Adapun UN susulan bagi mereka yang belum mengikuti UN utama dilaksanakan satu minggu kemudian. Pada tahun ini UN ulangan ditidakan. Adapun ujian sekolah diadakan sebelum pelaksanaan UN.

Demikian perubahan yang terungkap dalam sosialisasi kebijakan UN Tahun Pelajaran 2010/2011 yang dilaksanakan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) dan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) di Jakarta, Kamis (17/12).

Kegiatan tersebut selain untuk mensosialisasikan juga meminta masukan soal perubahan UN dari dinas pendidikan kota/kabupaten dan perguruan tinggi.Pemerintah memnag telah memgang formula baru. Namun, sebelum ditetapkan secara resmi, pemerintah dan BSNP meminta masukan dari daerah apakah perubahan dalam pelaksanaan UN 2011 bisa diterima dengan baik.

Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh mengatakan dengan adanya formula baru yang mengevaluasi siswa secara komprhensif selama tiga tahun belajar, polemik UN yang muncul tiap tahun diharapkan bisa berhenti. “Kita nantinya mesti lebih fokus pada apa yang perlu dikerjakan atau diperbaiki dari hasil UN,” ujar Nuh.

Ketua BSNP Djemari Mardapi mengatakan penilaian kelulusan antara UN dan hasil belajar di sekolah tidak lagi saling memveto, namun bisa saling membantu. Untuk itu, penilaian UN digabung dengan nilai dari sekolah.

Kelulusan siswa dari sekolah dengan melihat nilai gabungan rencananya dipatok minimal 5,5. Nilai gabungan merupakan perpaduan nilai UN dan nilai sekolah untuk setiap mata pelajaran UN.

Rumus yang ditawarkan pemerintah untuk nilai gabungan = (0,6 x nilai UN) + (0,4 x nilai sekolah). Nilai sekolah dihitung dari nilai rata-rata ujian sekolah dan nilai rapor semester 3-5 untuk tiap mata pelajaran UN.

Nuh mengatakan bobot UN mesti lebih besar dari nilai sekolah untuk mengontrol hasil kelulusan. Pasalnya, dari data-data yang ada masih banyak sekolah yang me-mark up nilai siswa.

Dengan formula baru ini, rencananya akan dipatok nilai tiap mata pelajaran minimal 4,00. Integrasi nilai UN dan nilai sekolah ini diharapkan jadi pendorong untuk menganggap penting semua proses belajar sejak kelas 1 hingga kelas 3.

Adapun kriteria kelulusan ujian sekolah diserahkan kepada sekolah. Nilai sekolah merupakan nilai rata-rata dari ujian sekolah dan nilai rapor semester 3-5 setiap mata pelajaran yang tidak diujikan dalam UN.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendiknas Mansyur Ramli mengatakan penilaian kelulusan siswa tidak lagi hasil potret evaluasi sesaat. Penilaian dilakukan selama proses belajar siswa di sekolah. (Kompas, 18 Des 2010)


Labels : news investment systems Anti Vir free template car body design

Wah, UN 2011 Tanpa Pemantau Independen

UJIAN NASIONAL

Wah, UN 2011 Tanpa Pemantau Independen!

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan hasil evaluasi Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) terhadap pelaksanaan ujian nasional (UN) 2010 lalu, tim pemantau independen yang bertugas memantau UN akan ditiadakan. Tugas pemantauan akan diserahkan kepada Dinas Pendidikan Provinsi (Disdik).

Demikian diungkapkan Ketua BSNP Djemari Mardapi dalam diskusi Lokakarya Ujian Nasional (UN) di Jakarta, Jumat (15/10/2010). Djemari memaparkan beberapa poin untuk menyempurnakan penyelenggaraan UN. "UN tetap dilaksanakan pada seluruh satuan pendidikan dasar dan menengah. Kriteria kelulusan UN untuk sekolah kategori mandiri, yaitu standar kelulusan yang dibuat dari sekolah yang bersangkutan, harus ditentukan oleh BSNP," ujar Djemari.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Negeri Medan Syawal Gultom, mengatakan perlunya dilakukan beberapa poin sebagai langkah penguatan UN 2011 mendatang. Pertama, standarisasi yang diberlakukan pada UN 2011 harus jelas dan menguntungkan bagi semua pihak.

“Kedua adalah perbaikan seluruh proses pelaksanaan UN, distribusi soal, dan percetakannya,” lanjut Syawal.

Selain itu, lanjut Syawal, perlu diterapkan reward and punishment secara tegas siapapun yang melanggar ketentuan tentang UN 2011 nanti. "Perlu juga diperkuat nota kesepahaman lintas kementrian, yang dalam hal ini adalah Kemdiknas, Kemendagri, dan Polri," ujarnya.

Labels : news investment systems Anti Vir free template car body design

SKL (Kisi-kisi) Ujian Nasional 2010/2011 SMK

Hingga saat ini memang belum ada informasi resmi via web BSNP maupunKemendiknas. Informasi SKL di bawah ini pun juga belum dikeluarkan secara resmi melalui peraturan menteri (Permen). Hal ini hanya menunggu waktu yang besar kemungkinan tidak akan lama lagi.

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMK

41. BAHASA INDONESIA SMK

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

INDIKATOR

1.

Memahami isi berbagai bentuk wacana nonsastra seperti berbagai teks bacaan dari media cetak, laporan, petunjuk kerja, aturan, otobiografi, biografi, grafik, matriks, bagan, diagram, denah, dan jadwal; dan bentuk wacana sastra seperti prosa, puisi, dan drama, serta menanggapi isinya secara kritis.

Menentukan unsur-unsur isi wacana.

Menentukan jenis laporan.

Menentukan isi petunjuk kerja.

Menentukan isi riwayat hidup/biografi.

Menentukan isi grafik/matriks.

Menentukan tanggapan terhadap isi paragraf.

Menentukan penggunaan berbagai jenis kata.

Menentukan kalimat tanya yang sesuai dengan konteks.

Menentukan perubahan makna kata.

Menentukan ungkapan/peribahasa dalam teks.

Menentukan unsur intrinsik puisi.

Menentukan unsur intrinsik cerpen/novel/drama.

Menentukan unsur ekstrinsik novel.

2.

Menulis berbagai teks dalam konteks bermasyarakat; membuat parafrasa;

menulis jenis-jenis wacana (naratif, deskriptif, ekspositoris, argumentatif); meringkas teks; menyimpulkan isi teks; menulis proposal, surat, dan laporan.

Melengkapi kalimat rumpang.

Menentukan kalimat efektif.

Menentukan kalimat padu.

Melengkapi paragraf rumpang.

Menentukan penulisan kata sesuai EYD.

Menentukan jenis karangan.

Menentukan pola pengembangan paragraf.

Menentukan penulisan berbagai unsur proposal.

Menentukan penulisan bagian-bagian surat.

Menentukan penulisan jenis-jenis surat.

Menentukan penulisan unsur-unsur karya ilmiah.

Menentukan catatan isi rapat.

Menentukan bagian-bagian isi laporan.

Menentukan kalimat pengumuman.

Menentukan kalimat poster.

42. BAHASA INGGRIS SMK

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

INDIKATOR

1.

Mendengarkan

Memahami ungkapan-ungkapan instruksi-instruksi, percakapan dan monolog sederhana untuk kepentingan kehidupan, konteks profesional maupun pribadi pada tingkat novice, elementary maupunintermediate.

Picture

Menentukan pernyataan lisan dengan tepat tentang kegiatan yang sedang berlangsung di dalam ruangan (indoor)/di luar ruangan (outdoor) sesuai dengan gambar.

Menentukan pernyataan lisan dengan tepat tentang lokasi suatu benda/posisi seseorang sesuai dengan gambar.

Menentukan pernyataan lisan dengan tepat tentang penampilan (ciri-ciri fisik) seseorang/deskripsi benda sesuai dengan gambar.

Menentukan pernyataan lisan tentang keadaan/situasi di suatu tempat/gedung/wilayah, sesuai dengan gambar.

Questions-Response

Menentukan respons yang tepat terhadap ungkapan saran/permohonan yang diberikan secara lisan.

Menentukan respons yang tepat terhadap ungkapan yang mendeskripsikan benda/perbandingan suatu benda secara lisan.

Menentukan respons yang tepat terhadap ungkapan yang mengungkapkan kejadian/peristiwa di koran/berita/kejadian yang dialami seseorang secara lisan.

Menentukan respons yang tepat terhadap ungkapan tentang arah atau lokasi suatu tempat/keberadaan seseorang yang diberikan secara lisan.

Short Conversation

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dari percakapan singkat tentang suatu kemungkinan/rencana yang diberikan secara lisan.

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dari percakapan singkat tentang kegiatan sehari-hari/di waktu lampau/di waktu akan datang yang diberikan secara lisan.

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dari percakapan singkat tentang pemesanan sesuatu/pemberitahuan tentang keadaan suatu barang yang diberikan secara lisan.

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi rinci tersurat/ informasi tersirat dari percakapan singkat tentang suatu perbandingan/pemilihan benda yang diberikan secara lisan.

Short Talk (Monolog)

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dengan tepat dari monolog singkat yang diberikan secara lisan tentang proses pengerjaan/pembuatan suatu barang/prosedur melakukan sesuatu.

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dengan tepat dari monolog singkat yang diberikan secara lisan tentang pengalaman kerja/kegiatan atau aktivitas di sekolah/pusat bisnis.

Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci tersurat/informasi tersirat dengan tepat dari monolog singkat yang diberikan secara lisan yang berbentuk pengumuman singkat/iklan.

2.

Membaca

Memahami kata-kata dan istilah asing serta kalimat sederhana berdasarkan rumus, memo, menu sederhana, jadwal perjalanan, manual penggunaan peralatan, surat-surat bisnis dan dokumen-dokumen teknis sederhana pada tingkat novice, elementarymaupun intermediate.

Incomplete Dialog

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan permohonan/pemberian saran.

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan penanganan tamu/percakapan di telepon/percakapan pribadi.

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan kejadian masa lampau/kejadian yang sedang berlangsung.

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan undangan/pesan singkat.

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan perijinan/pemberitahuan.

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan keluhan/meminta/memberi bantuan.

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan perintah/permohonan/saran.

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan rencana/janji yang akan datang.

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan pengandaian/pilihan tindakan.

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan penyampaian rasa simpati/persetujuan.

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan pemberian arah/lokasi suatu benda/tempat/posisi seseorang.

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan kegiatan rutin/kegiatan masa lampau.

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan pemesanan suatu barang/ jasa.

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan suatu kemungkinan/ pendapat.

Menentukan ungkapan yang berhubungan dengan kegiatan yang sedang berlangsung/suatu rencana.

Error Recognition

Menentukan kata/frasa yang benar untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan perbandingan benda/orang.

Menentukan kata/frasa yang benar untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan yang berhubungan dengan deskripsi benda/tempat.

Menentukan kata/frasa yang benar untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan yang berhubungan dengan penawaran/persuasi/ permohonan.

Menentukan kata/frasa yang benar untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan yang berhubungan dengan deskripsi fisik seseorang (physical appearance)/benda.

Menentukan kata/frasa yang benar untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan yang berhubungan dengan yang berhubungan dengan pengandaian/membuat pilihan.

Menentukan kata/frasa yang benar untuk menggantikan kata/frasa yang salah dalam ungkapan yang berhubungan dengan penyampaian perasaan suka/simpati.

Reading Comprehension

Menentukan pikiran utama/gambaran umum/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/rujukan kata/frasa /makna kata/frasa dari surat bisnis/memo/pesan.

Menentukan pikiran utama/gambaran umum/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/rujukan kata/frasa /makna kata/frasa dari sebuah tabel/diagram/jadwal/grafik.

Menentukan pikiran utama/gambaran umum/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/rujukan kata/frasa /makna kata/frasa dari teks recount tentang pengalaman kerja/kejadian yang dialami.

Menentukan pikiran utama/gambaran umum/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/rujukan kata/frasa /makna kata/frasa dari sebuah teks procedure tentang mengerjakan sesuatu seperti manual/resep/petunjuk.

Menentukan pikiran utama/gambaran umum/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/rujukan kata/frasa /makna kata/frasa dari teks iklan (advertisement) tentang sebuah produk/tempat/jasa.

43. MATEMATIKA SMK (KELOMPOK TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

INDIKATOR

1.

Melakukan operasi bilangan real dan menerapkannya dalan bidang kejuruan.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan untung rugi.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan.

Menentukan hasil operasi bilangan berpangkat.

Menyederhanakan bentuk akar.

Menentukan nilai dari operasi bentuk logaritma.

2.

Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan fungsi linear dan fungsi kuadrat.

Menentukan gradien atau persamaan garis.

Menentukan titik potong, titik puncak, atau persamaan grafik fungsi kuadrat.

3.

Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear.

Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan linear satu variabel.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel.

4.

Menyelesaikan masalah program linear.

Menentukan model matematika atau daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear.

Menentukan nilai optimum fungsi objektif.

5.

Menyelesaikan masalah matriks dan vektor serta menerapkannya dalam bidang kejuruan.

Menentukan hasil operasi pada matriks.

Menentukan unsur-unsur yang belum diketahui pada kesamaan dua matriks.

Menentukan hasil operasi pada vektor.

Menentukan besar sudut antara dua vektor.

6.

Memahami konsep keliling dan luas bangun datar, luas permukaan dan volume bangun ruang serta menerapkannya dalam bidang kejuruan.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling atau luas bangun datar.

Menentukan luas dan volume suatu bangun ruang.

7.

Menerapkan prinsip-prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.

Menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk.

Menentukan negasi dari pernyataan majemuk.

Menentukan konvers, invers, atau kontraposisi dari pernyataan berbentuk implikasi.

Menarik kesimpulan dari dua premis.

8.

Menerapkan konsep perbandingan trigonometri dalam pemecahan masalah.

Menentukan panjang salah satu sisi segitiga siku-siku menggunakan perbandingan trigonometri.

Menentukan koordinat kutub bila diketahui koordinat kartesius atau sebaliknya.

Menentukan nilai selisih dua sudut, bila diketahui perbandingan trigonometri sinus dan tangen.

9.

Menyelesaikan masalah dengan konsep peluang.

Menyelesaikan masalah menggunakan konsep permutasi atau kombinasi.

Menentukan peluang atau frekuensi harapan suatu kejadian.

10.

Menerapkan aturan konsep statistik dalam pemecahan masalah.

Menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk diagram.

Menentukan cara/langkah untuk menentukan modus data berkelompok.

Menghitung mean dari data berkelompok.

Menentukan simpangan baku dari data tunggal.

Menentukan kuartil dari data berkelompok.

11.

Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam penyelesaian masalah.

Menentukan nilai limit fungsi aljabar.

Menentukan turunan fungsi aljabar dalam bentuk

f(x) = .

12.

Menggunakan konsep integral dalam penyelesaian masalah.

Menentukan integral dari fungsi aljabar.

Menentukan luas daerah yang dibatasi dua kurva.

Menentukan volume benda putar.

13.

Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret.

44. MATEMATIKA SMK (KELOMPOK AKUNTANSI DAN PENJUALAN)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

INDIKATOR

1.

Melakukan operasi hitung pada bilangan real dan dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.

Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan perbandingan.

Menyederhanakan pecahan bentuk akar.

2.

Memahami konsep persamaan dan pertidaksamaan, program linier, serta dapat menerapkannya dalam pemecahan masalah.

Menentukan penyelesaian sistem persamaan linier 2 variabel.

Menentukan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat.

Menentukan sistem pertidaksamaan dari grafik daerah penyelesaian suatu permasalahan program linier.

Menentukan model matematika dari permasalahan program linier.

Menentukan nilai optimum fungsi objektif dari grafik daerah penyelesaian suatu permasalahan program linier.

3.

Memahami operasi pada matriks.

Menentukan hasil operasi matriks.

Menentukan invers matriks berordo 2 × 2.

4.

Memahami dan mengaplikasikan prinsip-prinsip logika matematika dalam menarik kesimpulan.

Menentukan ingkaran dari pernyataan majemuk yang mengandung pernyataan berkuantor.

Menentukan kesimpulan yang sah berdasarkan aturan penarikan kesimpulan (modus ponens, modus tollens, silogisme) dari dua buah premis yang diketahui.

5.

Menyelesaikan masalah berkenaan dengan fungsi dan dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.

Menentukan salah satu unsur pada perhitungan keseimbangan pasar jika diketahui fungsi permintaan dan fungsi penawaran.

Menentukan titik potong, titik puncak grafik fungsi kuadrat.

6.

Memahami konsep barisan dan deret.

Menentukan rumus suku ke-n suatu barisan bilangan .

Menentukan salah satu unsur dalam suatu barisan atau deret aritmetika jika unsur-unsur lainnya diketahui.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan deret aritmetika.

Menentukan salah satu unsur dari suatu barisan atau deret geometri jika unsur-unsur lainnya diketahui.

7.

Memahami konsep keliling dan luas bangun datar.

Menghitung keliling bangun datar jika diberikan gambar gabungan bangun datar.

Menghitung luas gabungan bangun datar jika diberikan gambar dan unsur-unsur yang berkaitan.

8.

Memahami konsep permutasi dan kombinasi serta banyak kemungkinan dan peluang suatu kejadian dan dapat menerapkannya dalam menyelesaikan masalah.

Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan permutasi atau kombinasi.

Menentukan peluang suatu kejadian.

9.

Memahami pengolahan, penyajian, dan penafsiran data statistik.

Membaca diagram lingkaran/ batang.

Menentukan nilai rata-rata sekelompok data, jika nilai rata-rata gabungan dan jumlah data gabungan diketahui.

Menentukan proses perhitungan modus dari data kelompok yang disajikan dalam distribusi frekuensi.

Menentukan simpangan baku/standar dari sekelompok data tunggal.

Menentukan nilai persentil dari data kelompok yang disajikan dalam tabel distribusi frekuensi.

Menentukan salah satu unsur pada perhitungan koefisien variasi jika unsur-unsur lainnya diketahui.

Menentukan salah satu unsur pada perhitungan angka baku jika unsur-unsur lainnya diketahui.

10.

Menerapkan konsep matematika keuangan serta terampil menggunakannya untuk menyelesaikan permasalahan dalam bidang kejuruan.

Menentukan salah satu unsur pada permasalahan bunga tunggal.

Menentukan nilai akhir/nilai tunai suatu modal dengan bantuan tabel bunga majemuk.

Menyelesaikan permasalahan nilai akhir/nilai tunai rente, jika unsur-unsur lainnya diketahui.

Menyelesaikan permasalahan nilai tunai rente kekal, jika unsur-unsur lainnya diketahui.

Menentukan salah satu unsur dari anuitas jika disajikan tabel rencana pelunasan pinjaman dengan sebagian data.

Menentukan besar angsuran pada suatu periode, jika suku bunga dan pinjaman anuitas diketahui.

Menentukan persentase penyusutan dengan metode garis lurus, jika unsur-unsur lainnya diketahui.

Menentukan beban penyusutan pada suatu periode dari suatu aktiva dengan metode satuan hasil produksi.

45. MATEMATIKA SMK (KELOMPOK PARIWISATA, SENI, DAN KERAJINAN, TEKNOLOGI KERUMAHTANGGAAN, PEKERJAAN SOSIAL, DAN ADM. PERKANTORAN)

NO.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

INDIKATOR

1.

Memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep operasi bilangan real.

Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan perbandingan.

Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan skala.

Menyelesaikan operasi hitung bilangan berpangkat.

Menentukan nilai suatu logaritma dengan menggunakan sifat-sifat logaritma.

Menyederhanakan operasi bilangan bentuk akar.

Menyederhanakan pecahan bentuk akar dengan cara merasionalkan penyebutnya.

2.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan, matrik, dan program linear.

Menyelesaikan persamaan linear satu variabel.

Menentukan himpunan penyelesaian suatu pertidaksamaan linear satu variabel.

Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel.

Menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan kesamaan matriks.

Menentukan hasil operasi matriks.

Menentukan invers matriks berordo 2 x 2.

Menentukan daerah penyelesaian dari sistem pertidaksamaan linear.

Menentukan model matematika suatu permasalahan program linear.

Menentukan nilai optimum suatu permasalahan program linear.

3.

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas daerah bangun datar.

Menentukan keliling dan luas bangun datar.

Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan keliling dan luas bangun datar.

4.

Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.

Menentukan suku ke-n suatu deret aritmetika dan geometri.

Menentukan jumlah n suku pertama suatu deret aritmetika dan geometri.

Menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan deret aritmetika dan geometri.

Menentukan jumlah deret aritmetika dan geometri tak hingga.

5.

Menerapkan aturan konsep statistika dalam pemecahan masalah.

Membaca diagram lingkaran atau batang.

Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan hitung rata-rata data.

Menentukan rata-rata hitung dari data tunggal berbobot.

Menentukan ukuran pemusatan data berkelompok.

Menentukan rata-rata harmonis data.

Menentukan nilai desil dari data berkelompok.

Menentukan simpangan baku dari data tunggal.

Menentukan angka baku.

Menentukan koefisien variasi suatu data.


Labels : news investment systems Anti Vir free template car body design